5 Aplikasi Password Manager Terbaik

Dalam keseharian, para pengguna komputer biasanya memiliki lebih dari satu akun baik itu Friendster, beberapa akun email, Facebook, YouTube dan banyak lagi. Belum lagi akun-akun di luar komputer seperti akun bank.

Semua akun ini membutuhkan "password" atau sandi agar bisa diakses. Ada orang yang menggunakan sandi yang sama untuk setiap akun yang dimilikinya dan ada juga yang sebaliknya. Khususnya untuk tipe yang kedua, biasanya orang sering melupakan sandi mana yang ia pakai untuk satu akun tertentu dan saya rasa, catatan kecil di dompet bersama dengan kartu ATM atau Post-It di layar monitor Anda bukanlah solusi yang baik. Untuk itu, di bawah ini terdapat beberapa program yang bisa membantu Anda mengingat sandi.

Sxipper (Semua Platform)

Salah satu extension Firefox, Sxipper memberikan bantuan manajemen sandi, auto-login dan pengisian formulir otomatis untuk Firefox. Jika Anda malas membuat identitas yang sama berulang kali, Sxipper sempurna bagi Anda. Ia akan secara otomatis mempelajari dan membangun data diri Anda berdasarkan informasi yang pernah Anda gunakan untuk mengisi formulir. Sxipper sendiri dibuat berdasarkan default password manager Firefox, yang artinya adalah semua sandi Anda akan terenskripsi secara aman dan disimpan di komputer Anda.

KeePass (Semua Platform)

Sebuah aplikasi desktop gratis dan open source untuk mengatur sandi Anda dengan fitur-fitur mudah digunakan. KeePass mengamankan password Anda dengan sebuah satu buah password master dan/atau key file pada komputer Anda. Sebenarnya KeePass merupakan aplikasi untuk Windows, tetapi juga tersedia versi untuk OS-X dan Linux dengan nama KeePassX. Selain itu, KeePass juga tersedia untuk aplikasi handheld, seperti PocketPC, Symbian, Blackberry, dan PalmOS.

1Password (Mac OS X)

Aplikasi ini merupakan sebuah manajer sandi komersiil dan pengisi formulir untuk Mac OS X. Sistemnya menyerupai RoboForm untuk Windows, terintegrasi langsung dengan Firefox atau Safari untuk pengisian login dan formulir secara otomatis.

Seperti kebanyakan aplikasi lainnya, 1Password juga bisa secara otomatis menghasilkan sandi yang aman dan Anda hanya perlu mengingat password masternya saja. 1Password juga tersedia untuk aplikasi iPhone/iPod, serta Palm Pilot. Kelemahannya adalah ia hanya dapat bersinkronisasi melalui akun .Mac saja dan berharga sekitar US$35. Walaupun begitu, my1Password sudah dalam proses pengembangan untuk menyediakan sinkronisasi sekaligus akses online untuk password Anda dari browser manapun.

RoboForm (Windows)

Kalau 1Password diperuntukkan bagi Mac OS X, RoboForm adalah bagi seteru abadinya, Windows. Selain sebagai manajemen sandi, RoboForm memungkinkan Anda untuk menciptakan identitas untuk pengisian formulir online secara otomatis. RoboForm tersedia dalam 2 versi, yaitu freeware dan shareware (US$30). Sebuah versi portabel juga tersedia dengan nama RoboForm2Go (US$20). Sama seperti KeePass, RoboForm juga mampu digunakan pada Windows Mobile, Symbian, atau Palm Pilot. Kelebihannya dibandingkan KeePass adalah RoboForm bersifat Robust dalam hal pengintegrasian dengan Firefox dan Internet Explorer.

Password Manager Firefox (Semua Platform)

Gratis, mudah tersedia dan sangat mudah dintegrasikan dengan sistem kerja Anda? Kurang apalagi coba? Walaupun begitu, Anda perlu memperhatikan satu hal: pastikan untuk mengamankan password-password Anda dengan password master. Jika tidak, orang lain bisa dengan mudah melihat password Anda satu per satu dengan mengklik tombol Show Password pada kotak dialog Saved Passwords.



Untuk sumber artikel, silakan klik di sini.

Lastpass (Cross Platform)

Logo LastpassAplikasi ini adalah tambahan saya sendiri dan merupakan sebuah aplikasi manajemen sandi baru yang sangat berguna. Lastpass menyimpan semua sandi Anda dalam bentuk terenkripsi dalam PC dan di server Lastpass. Aplikasi ini cross platform dan sudah langsung datang dengan kapabilitas sinkronisasi antar PC sehingga dapat Anda gunakan untuk mensinkronisasikan sandi di Windows, Mac dan Linux.

Saat instalasi Lastpass dapat dengan mudah mengambil sandi yang tersimpan di IE, Firefox, RoboForm, Keepass dan lain-lain. Dan oh, Lastpass juga memungkinkan Anda untuk langsung masuk ke akun web Anda hanya dengan menekan satu tombol di browser. Aplikasi ini sangat saya rekomendasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar