Intel Rilis Centrino 2

  • Intel Centrino 2


Intel pada hari Senin meluncurkan platform Centrino terakhirnya yang bernama Centrino 2 yang menawarkan kinerja prosesor, grafis dan nirkabel yang lebih tinggi dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Walau Intel meluncurkan prosesor ini dengan nama baru, sebenarnya tidak banyak yang revolusioner di platform tersebut. Centrino 2 hanyalah CPU Penryn 45nm yang telah diperbaharui bersama dengan integrated graphics chipset (IGC) dan fitur nirkabel. Walaupun platform ini disebut baru, arsitektur prosesornya tidak.

Yang benar-benar pantas ditunggu adalah arsitektur Nehalem yang akan dikeluarkan akhir tahun ini. Apabila Anda baru saja membeli laptop dengan prosesor Penryn baru, tidak perlu kecewa. Apabila Anda benar-benar membutuhkan laptop, Montevina adalah platform yang bagus. Akan tetapi apabila Anda masih bisa menunggu, tunggulah setelah laptop dengan Nehalem keluar di kuartal empat tahun ini atau kuartal pertama tahun 2009.

Evolusi Centrino


Jadi apa yang baru di Centrino 2?

Prosesor
Intel memiliki 6 prosesor baru, dua chip seri 8000 (3MB cache L2) dengan clock speed 2,26GHz (P8400) dan 2,4GHz (P8600), tiga CPU seri 9000 (6MB cache L2) dengan clock speed 2,53GHz (P9500 dan T9400) dan 2,8GHz (T9600). Prosesor dengan awalan P memiliki TDP 25 watt sedangkan prosesor dengan awalan T memiliki TDP 35 watt. Model mutakhir di Centrino 2 adalah X9100 Extreme yang berkinerja di frekuensi 3,06GHz dengan TDP 44 watt.

Harga-harga prosesor ini sesuai dengan pendahulunya, kecuali produk segment atas yang semakin mahal, mulai dari P8400 dengan harga $209 hingga T9600 dengan harga $530. Model X9100 Extreme dijual dengan harga $851.

Intel X9100 Extreme


Chipset dan grafik baru
Montevina dikemas dengan chipset seri 45 versi IGC yang menjanjikan kapabilitas untuk memutar film Blu-ray hingga selesai dengan baterai yang terisi penuh. Secara keseluruhan hasil 3D mark 06 naik 70% dibandingkan versi sebelumnya.

Arsitektur grafis Centrino 2


Yang lebih menarik lagi, dukungan untuk Intel "switchable graphics," sebuah teknologi yang memungkinkan penggantian pemakaian IGC atau kartu grafis tambahan. Hal ini berarti penggunaan kartu grafis tambahan multi GPU akan jauh lebih efisien. Saat tidak memerlukan kinerja grafis tinggi, pemakai dapat memilih untuk menggunakan IGC yang jauh lebih hemat daya. Teknologi ini kompatibel baik dengan kartu grafis ATI maupun NVIDIA.

Intel Switchable Graphics


Chipset nirkabel, Wimax dan Turbo Memory
Montevina datang dengan chipset nirkabel seri 5000 baru yang hadir dalam dua tipe, model 5300 untuk laptop berukuran biasa atau model 5100 untuk laptop berukuran kecil. Montevina juga akan mendukung WiMax.

Intel juga tetap mendukung fitur Turbo Memory. Walaupun tidak sukses (AMD juga membatalkan sama sekali solusi alternatifnya), Intel tetap menawarkan Turbo Memory untuk dipakai sebagai flash cache. Modul 2GB dijual dengan kisaran harga $30. (TGDaily)

1 komentar: